Jumat, 17 Juni 2016

Tips Membuat Tubuh Tetap Bugar Selama Berpuasa

Ketika telah memasuki bulan puasa semua umat muslim yang ada di seluruh penjuru dunia tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Di bulan ini para umat muslim memiliki kewajiban untuk menahan lapar dan dahaga atau puasa selama 30 hari penuh. Dalam berpuasa tentu saja akan perubahan yang kita alami, hal ini dikarenakan segala macam makanan yang masuk dalam tubuh (intake) berbeda dengan energi yang dikeluarkan (outtake) selama beraktivitas. Maka itu sebabnya jika selama menjalankan ibadah puasa identik dengan pemadangan orang-orang yang lemas dan tidak bersemangat. Sebenarnya berpuasa bukan menjadi sebuh alasan untuk seseorang bermalas-malasan atau tidak bersemangat menjalankan aktivitas sehari- hari. Karena banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa. Lantas apa saja yang dapat Anda lakukan? Neh berikut ini akan kami jelaskan dengan detail tips membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa. Jika Anda dapat melakukan tips yang akan kami jelaskan berikut ini, bukan hanya membuat puasa Anda menjadi bersemangat tapi juga dapat membuat kesehatan Anda terjaga secara keseluruhan. Sudah penasaran ingin tahu tipsnya? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Tips Membuat Tubuh Tetap Bugar Selama Berpuasa

Sahur Tepat Waktu
Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan sahur dengan tepat waktu. Sahur merupakan waktu makan yang paling penting selama menjalankan puasa. Maka oleh karena itulah jangan sampai Anda tidak melakukan sahur. Pada saat sahur terdapat hal yang perlu Anda perhatikan yaitu ketika sahur jangan banyak mengonsumsi makanan manis yang terlalu banyak. Usahakan ketika sahur untuk minum susu, karena susu selain dapat menahan rasa lapar lebih juga dapat mencegah anemia yang menyebabkan tubuh menjadi lemas pada saat berpuasa.

Mengatur Waktu dengan Baik
Terutama bagi Anda yang kesehariannya bekerja, usahakan jangan pernah menumpuk pekerjaan yang dapat membuat stres. Jika sudah mengalami stres akan dapat mempengaruhi kinerja otak yang cepat lelah yang  akhirnya perut akan terasa mudah lapar dan tidak bersemangat. Usahakan ketika jam istirahat manfaatkan dengan baik untuk beristirahat seperti tidur selama 15 menit setelah sholat dzuhur itu sudah dapat membantu membangkitkan semangat Anda ketika menjalankan ibadah puasa. Jika mungkin Anda memiliki waktu lebih selingi dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki ataupun olahraga ringan lainnya. Olahraga memang sangat disarankan untuk dilakukan ketika berpuasa karena bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga berat badan.

Segerakan Waktu Berbuka Puasa
Setelah tiba waktu untuk berbuka puasa sebaiknya segerakan namun tidak perlu terburu-buru karena tidak baik bagi kesehatan pencernaan. Usahakan saat berbuka puasa awali dengan mengonsumsi yang manis-manis seperti mengonsumsi buah kurma sebanyak 2-3 biji, setelah itu baru makan sesuai dengan kapasitas perut Anda. Selain itu jangan pernah terapkan pikiran untuk balas dendam yang artinya adalah hindari mengonsumsi semua hal yang melebihi dari kapasitas perut. Jika hal itu tetap dilakukan maka akan mempengaruhi kondisi kesehatan pencernaan dan berat badan Anda akan mengalami peningkatan selama puasa.

Nah itulah penjelasan mengenai tips membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa yang dapat Anda ketahui. Jika Anda ingin kondisi Anda fit dan bugar selama menjalankan puasa maka alangkah baiknya jika melakukan seperti tips yang sudah dijelaskan di atas.
Baca juga

http://dbagus.com/tempat-buka-puasa-di-bandung-paling-favorit
http://dbagus.com/inilah-menu-diet-saat-puasa-ramadhan
http://dbagus.com/fakta-fakta-menarik-tentang-mimpi
http://dbagus.com/tips-tampil-cantik-dan-fresh-selama-bulan-ramadhan
http://dbagus.com/manfaat-puasa-untuk-kesehatan-tubuh
http://dbagus.com/makanan-yang-harus-dihindari-selama-berpuasa
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar